ANALISIS KASUS E-MARKETING
I. PENDAHULUAN
Perkembangan
teknologi komunikasi, media dan informatika (telematika), terutama multimedia
dan internet, telah mengubah masyarakat dalam melakukan sebagian besar
aktifitas. Perusahaan dewasa ini banyak dituntut untuk memiliki strategi bisnis
yang kuat, demi meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan mengembangkan
pemasarannya. Dalam membangun kekuatan dan strategi tersebut diperlukan alat
yang dapat mendukung pemasaran dalam meningkatkan penjualan produk dan jasa.
Salah satu teknologi informasi dan komunikasi yang dapat digunakan adalah
internet.
Penggunaan
internet dapat mempermudah untuk berkomunikasi serta memperoleh informasi yang
dibutuhkan dengan cepat dan akurat. Dengan memanfaatkan internet, perusahaan
dapat memasarkan produknya secara elektronik atau online, istilahnya
e-marketing. Perusahaan juga dapat mempromosikan keberadaannya agar lebih
dikenal masyarakat luas.
PT.
Usaha Gedung Bank Dagang Negara sejak beberapa tahun terakhir membentuk suatu
unit kerja baru yaitu pengembangan usaha untuk melakukan ekspansi usaha dengan
mengelola atau merawat gedung-gedung di luar induk perusahaan PT. Bank Mandiri,
serta melaksanakan jasa konstruksi atau renovasi gedung dengan menempatkan
tenaga ahli konstruksi berpengalaman dibidang arsitektur dan sipil agar
bersinergi dengan keahlian mekanikal atau elektrikal yang telah dimiliki
perusahaan selama ini.
Tujuan
dan manfaat pada penulisan ini adalah mengembangkan website e-marketing yang
tepat bagi perusahaan sehingga mampu
menjadi media yang tepat bagi perusahaan dalam memasarkan jasanya agar meraih
pelanggan dengan lebih baik. Mendukung strategi pemasaran sehingga mampu
meningkatkan pangsa pasar serta meningkatkan hubungan yang lebih baik di masa
mendatang. Diharapkan pelanggan akan lebih mudah mendapatkan informasi yang
dibutuhkan mengenai perusahaan sehingga kepuasan pelanggan dapat terpenuhi.
Mendapatkan pengetahuan dan wawasan tambahan dalam hal pemasaran, khususnya
e-marketing.
II. LANDASAN TEORI
Menurut
Nielsen (2006), dalam mengembangkan suatu website, ada beberapa hal yang perlu
diamati sehubungan dengan konsep usability “kegunaan” yang merupakan faktor
penting yang perlu diperhatikan, yaitu : (1) keterbukaan, (2) pengalaman
pengguna web, (3) lebih awal meninjau temuan kegunaan web, (4) memprioritaskan
pencarian, navigasi dan arsitektur informasi, (5) mudah dibaca & menyajikan
elemen-elemen halaman, (8) menyelaraskan teknologi dengan kebutuhan masyarakat,
dan (9) desain yang baik.
E-marketing
adalah suatu proses membangun dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan
melalui suatu kegiatan online untuk memberikan fasilitas pertukaran ide, produk
dan pelayanan untuk memenuhi keinginan dari kedua belah pihak (Rafi et al,
2003).
Kotler
(2003) berpendapat bahwa e-marketing adalah sisi pemasaran dari e-commerce yang
terdiri dari usaha perusahaan untuk memberikan informasi, berpromosi dan
menjual produk dan pelayanan melalui internet. Bagian lain selain e-marketing
adalah e-purchasing, yang merupakan sisi proses penjualan e-commerce.
III. ANALISIS
ANALISIS JURNAL PENELITIAN ILMIAH
MENGENAI
“Pengembangan
Website e-marketing studi kasus pada PT. Usaha Gedung Bank Dagang Negara”
Sebelum
melakukan pemasaran melalui internet, perusahaan telah melakukan analisis
terhadap peluang pasar yang akan diperoleh nantinya. Perusahaan melakukan
analisis bisnis yang ada dan mempertimbangkan untuk membuat strategi pemasaran
yang potensial yang dapat memperkuat strategi unit bisnisnya. Strategi
pemasaran seperti : (a) segmentasi-berdasarkan karakteristik segmentasi, pasar
perusahaan masih tetap terbagi menjadi dua segmen yaitu membangun dari awal
produk arsitektur yang belum ada dan mengembangkan produk arsitektur yang sudah
ada.
Untuk
kebutuhan customer relationship perusahaan dapat melakukan : (a) awarness –
beberapa strategi yang digunakan perusahaan untuk menghasilkan awarness bagi
konsumen lama maupun calon konsumen melalui dua cara,yaitu offline – dilakukan
dengan mencantumkan alamat situs web perusahaan pada company profile maupun
kartu nama yang diberikan kepada pelanggan. Domain alamat email yang telah
digunakan adalah www.ptugbdn.co.id. Digunakannya www.ptugbdn.co.id sebagai nama
dari alamat web perusahaan karena lebih dikenal oleh pelanggan lama perusahaan
serta untuk pelanggan baru perusahaan akan lebih mudah mengingat sehingga tidak
menimbulkan kebingungan bagi pelanggan.
Sistem
pemasaran yang sedang berjalan atau yang ada sebelumnya terdapat kebutuhan
maupun harapan member yang belum terpenuhi. Selain itu pula, terdapat peluang
pasar yang cukup besar bagi perusahaan untuk mengembangkan dan memperluas
pangsa pasarnya. Sistem yang baru menawarkan fitur fungsionalitas dan
penyebaran informasi perusahaan kepada calon-calon pelanggan serta membantu perusahaan
merancang strategi pemasaran, program pemasaran dan bauran dalam memelihara
bisnis dengan pelanggan yang mendukung interaksi.
IV. REFERENSI
Buku :
Chaffey, Dave. 2000. Internet
marketing:Strategy, Implementation and Practice. New Jersey: Pretince Hall.
Kotler, Philip. 2003. Marketing
Management. New Jersey:Pearson Education.
Nielsen J. & Loranger H. 2006.
Prioritizing Web Usability. Berkeley : New Riders.
Whitten, Jeffrey. 2001. System Analysis
& Design Method. New York : Mc Graw-Hill.
Jurnal Nasional :
Honny
san Fitri Amelia. 2011. “Pengembangan Website e-marketing studi kasus pada PT.
Usaha Gedung Bank Dagang Negara”. Jurnal Sistem Informasi : Binus University.
Komentar
Posting Komentar